27 Jan 2011

Review Web Usability : id.strawberrynet.com (part 3)

Author: KARIMUL MAKHTIDI | Filed under: Academic

Lanjut lagi yak postingannya……

Recognition Rather Than Recall

Jangan bikin puyeng pengguna, begitulah kira-kira inti poin ini. Di website ini tidak jelas tulisannya, apakah bisa di link atau tidak. Semua warnanya sama dan pengguna harus mengingat tulisan mana yang berupa link mana yang tulisan biasa. Paling tidak pengguna harus meng-hovernya terlebih dahulu.

Flexibility and Efficiency of Use

Menurut saya website ini kurang fleksibel dan tidak efisien ketika digunakan. Karena terlalu penuh antarmukanya sehingga pengguna merasa susah untuk menggunakannya. Selain itu terlalu banyak kata-kata (iklan) yang tidak penting. Selain Banner yang gede itu sangat mengganggu sehingga kurang efisien. Pas nyari pake search pasti yang keluar pertama kali adalah banner itu, bukan produknya. Padahal pengguna lebih mencari produk dari pada banner dan iklan-iklannya itu.

Aesthetic and Minimalist Design

Nilai estetika website ini kurang sekali. Terlalu banyak tulisan-tulisan dan iklan-iklan yang menurut saya sangat tidak enak di pandang. Apalagi peletakan banner yang kurang pas, menu yang tidak kelihatan seperti menu, layout nya juga tidak jelas bentuknya, dan masih banyak lagi. Intinya website ini masih jauh dari kata “Aesthetic and Minimalist Design”.

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors

Ketika pengguna melakukan kesalahan, ada pesan yang jelas dan mudah dimengerti menggunakan bahasa yang sederhana, serta memberikan permasalahan dengan solusi yang tepat. Untuk melakukan pendaftaran, website ini hanya meminta memasukkan alamat email saja. Ketika saya mencoba dengan memasukkan email yang salah, yaitu “tedted@gmail.co, ternyata website ini tidak memberikan pesan error apapun. Malahan saya berhasil mendaftar. Aneh!!!

Help and Documentation

Dibagian kanan atas website ini terdapat menu “layanan konsumen”. Disini pengguna bisa bertanya dan membaca ketentuan-ketentuan bisnis proses dari web ini.

ok mungkin sekian dulu posting kali ini. Wuaaa capeekkkk. Akhirnya selesai juga.

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme