20 Sep 2010

Tugas IMK:Review Usability Suatu Website

Author: KARIMUL MAKHTIDI | Filed under: Academic

Postingan berikut ini merupakan tulisan yang di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.  Tugasnya yaitu, mereview usability suatu web. Nah, web yang akan saya review adalah website kepunyaan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), http://www.polri.go.id. Sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa saya memilih website ini, hanya iseng belaka dan mungkin karena pernah punya pengalaman tidak mengenakkan dengan polisi. hehe

Alamat situs tersebut saya dapatkan setelah saya googling dengan keyword “polri” dan hasilnya situs tersebut berada paling atas di daftar pencarian. Saya klik dan ternyata cukup lama web tersebut dapat tampil secara utuh. Hal ini cukup mengganggu bagi user padahal sekilas website ini tidak terlalu “macem-macem” dan dapat dikatakan sederhana.

homepage

Gambar diatas merupakan halaman depan (homepage) dari website POLRI. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya. Diantaranya adalah :

1. Header

Header pada website ini sudah bisa menggambarkan identitasnya karena ada tulisan “Kepolisian Negara Republik Indonesia” yang cukup besar ukurannya dan logo POLRI sehingga pembaca bisa langsung mengetahui website apakah ini. Namun disayangkan terlalu banyak potongan gambar polisi yang menurut saya agak dipaksakan. Terasa gambarnya menumpuk dan tidak enak dilihat. Selain itu gambar polisi tersebut terlihat memakan banyak ruang. Hal itu sepertinya menjadi penyebab mengapa ada gambar bendera merah putih dengan logo POLRI dan semboyannya pada bagian konten. Padahal jika di kemas sedemikian rupa sehingga pada banner tersebut terdapat logo POLRI, tulisan POLRI, semboyan POLRI, dan gambar polisi akan menjadi lebih menarik dan ruang yang tersisa bisa digunakan untuk hal yang lebih penting.

2. Tanggal

Tepat di bawah banner sebelah kiri terdapat tanggal yang menurut saya tidak mudah dilihat karena bentuk huruf yang sulit dilihat dan warnanya yang sama dengan warna dominan website ini. Pertama kali membuka website ini saya tidak merasa disitu terdapat informasi tanggal. Setelah saya lihat web ini dengan seksama barulah saya mengetahui bahwa di posisi tersebut ada informasi tanggal.

Tapi alangkah terkejutnya saya ketika melihat informasi tanggal tersebut ternyata tidak sesuai dengan tanggal pada saat saya membuka web ini. Saya bertanya-tanya, dan setelah berpikir beberapa saat akhirnya misteri itu terpecahkan. Informasi tanggal yang diberikan web ini ternyata mengambil setting dari komputer pengguna, bukan di setting sesuai dengan tanggal yang sebenarnya. Saya penasaran apakah web yang lain juga seperti itu? Saya bandingkan dengan websitenya kompas, http://kompas.com dan hasilnya berbeda. Website pembanding tersebut tidak mengambil setting tanggal dari komputer pengguna namun memang disetting sesuai tanggal yang sebenarnya. Teman-teman bisa coba dengan mengganti setting tanggal komputer masing-masing dan lihat apa yang akan terjadi.

3. Bilah navigasi

Selain informasi tanggal, tepat dibawah banner terdapat link-link navigasi atau menu yang tersusun secara horizontal. Posisi menu ini sudah baik dan terdapat highlight pada saat link di sorot. Namun saya tidak menemukan penunjuk “dihalaman manakah saya saat ini”. Ini menjadi membingungkan dan tidak sesuai dengan keinginan user pada umumnya karena ini adalah website untuk masyarakat luas. Ada baiknya jika terdapat penunjuknya, misalkan hurufnya berubah warna atau warna background linknya berubah.

4. Konten utama

Dibawah bilah navigasi terdapat konten utama website yang berisi tulisan-tulisan dan beberapa gambar link. Ada beberapa hal yang mengganggu dan membuat saya mengerutkan dahi. Pertama, dari segi tulisan secara keseluruhan kurang baik. Dilihat dari pemilihan bentuk huruf, warna huruf yang berwarna-warni, dan background yang berwarna-warni pada tulisan. Selain itu text berjalan(marquee) yang berwarna-warni dan sulit untuk dibaca sangat menganggu dan menurut sebagian orang, text seperti ini tidak perlu digunakan lagi pada sebuah web. Terlebih kalimat sambutan “selamat datang di website POLRI” tidak terlalu penting dan sebagian orang mungkin enggan membaca karena yang pengguna butuhkan adalah informasi yang lebih dari sekedar itu. Kedua, beberapa link berbentuk gambar yang sangat tidak penting menurut saya. Selain memakan ruang, letaknyapun tidak pas dan cukup mengganggu. Harusnya dimasukkan pada bilah navigasi dan bisa pula berupa tulisan dengan gambar maupun foto yang bersesuaian dan menarik. Ketiga, pada bagian regular news terkesan seperti bukan berita. Karena yang ditampilkan sebagian besar hanyalah judul beritanya saja. Tanpa adanya foto yang mendukung dan terasa kurang menarik sehingga pembaca malas untuk melihat apalagi membacanya. Terakhir adalah informasi mengenai jumlah pengunjung yang diletakkan dibawah regular news. Hal ini sebenarnya tidak perlu ditampilkan, cukup admin yang mengetahuinya. Namun jumlah ini cukup membuktikan bahwa banyak masyarakat yang ingin mengetahui tentang POLRI. Namun sayang website ini rasanya kurang dari segi usability-nya dan mungkin membuat kecewa para pengunjungnya termasuk saya.

5. Sidebar

Website ini menggunakan layout tiga kolom dengan sidebar berada di sebelah kiri dan kanan, sedangkan ditengah terdapat konten utama. Mari kita mulai dari sebelah kiri terlebih dahulu. Dari bagian atas terdapat breaking news yang berisi berita dengan teks yang berjalan dan berwarna-warni.

Ini jelas mengganggu pembaca karena tulisan yang sulit dibaca, berwarna-warni, warna background yang tidak sesuai , teksnya berjalan, dan yang lebih mengecewakan adalah berita yang dituliskan sudah lama diposting atau “kadaluarsa”. Menurut saya lebih baik dihilangkan breaking news-nya dan diganti dengan arsip artikel atau semacamnya.

Kemudian dibawahnya ada daftar pencarian orang yang menurut saya mudah dilihat, namun cukup mengganggu posisinya. Paling bawah tedapat beberapa menu yang bermasalah karena apabila di sorot menu tersebut tidak menandakan bahwa ia dapat diklik. Sebaiknya pada saat disorot teksnya berubah warna atau menjadi tebal.

Beralih ke sidebar bagian kanan, paling atas terdapat form untuk melakukan pencarian. Penempatan form pencarian sudah baik dan mudah dilihat. Namun, alangkah baiknya form pencariannya bisa sedikit lebih lebar. Di bawah from pencarian terdapat foto bapak Kapolri. Penempatannya sudah baik dan mudah dilihat serta fotonya begitu jelas. Namun sayang tidak ada keterangan Nama dan pangkat dari Bapak Kapolri ini. Harusnya diberi keterangan nama dan pangkatnya. Di bawah foto Kapolri terdapat polling yang sebenarnya berisi pertanyaan yang tidak perlu dijawab. Saya kembali tidak habis pikir, kenapa website POLRI ini memberikan pertanyaan yang sangat tidak penting dan tidak mencerminkan POLRI yang sesungguhnya. Padahal banyak pertanyaan berbobot yang bisa dijadikan sebagai bahan polling. Sepertinya polling tersebut sia-sia saja dan tidak ada manfaatnya. Untuk yang sisanya adalah “user login” dan “status  SMS 1120”. Penempatannya baik dan mudah terlihat tetapi saya masih belum mengerti buat apa ada fasilitas “status  SMS 1120” ini. Lagi-lagi membingungkan pengguna.

Ehmm sudah malem, jadi saya cukupkan sampai disini. Ditunggu komen dari teman-teman semua. Mohon maaf apabila kata-kata pada tulisan ini kurang berkenan karena saya pribadi masih banyak kekurangan. Ini adalah bagian dari pembelajaran saja dan semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa di episode berikutnya……….

8 Responses to “Tugas IMK:Review Usability Suatu Website”

  1. ariefh08 Says:

    Kalau tanggal itu tidak terlalu penting, tapi memang jika ingin menggunakan tanggal seharusnya mencocokkan tanggal dengan servernya dulu, lalu ada javascript yang dijalankan untuk penambahan detiknya.
    Kalau menu memang seharusnya ada perubahan jika didekati mouse.

  2. oki.maulana08 Says:

    aneh kok ada status SMS, emang fungsinya apa?

  3. bambang.wijonarko08 Says:

    Sidebar breaking news memang terlihat berantakan dan bertumpuk-tumpuk

  4. hanif.amalr08 Says:

    oki: biasanya status sms ntu buat

    utk daftar pencarian orang harusnya minimal ada tooltip (ada ga sih tooltip di web?), kecuali kalau bentuknya udah kelihatan seperti tombol/menu, seperti menu-menu di bawahnya, pengguna akan cukup ‘ngeh’ kalau itu bisa diklik dg melihat perubahan bentuk kursor dari panah menjadi jari. ni yg ane rasain gan

  5. ANGGI PUTRANTIO Says:

    wahaha, website bokap gua di komen. parah nih. Polisi nya udah maksimal tuh buat nya. hhha, tapi yah ga tau deh kalo akhirnya web nya begituh. hhe

  6. abdulrahman.h08 Says:

    gw paling suka baca ini.
    “Saya kembali tidak habis pikir, kenapa website POLRI ini memberikan pertanyaan yang sangat tidak penting dan tidak mencerminkan POLRI yang sesungguhnya.”

    haha, bisa aja nih lo ted, bener sih, tapi hati-hati tar lo ditangkep ama pak polisi :p

  7. Thomas Sabo Jewelry Says:

    Awesome informasi, banyak terima kasih kepada penulis artikel. Ini bisa dimengerti bagi saya sekarang, efektivitas dan pentingnya adalah pikiran-boggling. Terima kasih sekali lagi dan semoga berhasil!

  8. Freervavy Says:

    belajar banyak

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme